Apakah Mengkonsumsi Telur Yang Ada Bercak Darah Tidak Berbahaya?

Tampilan Bercak Darah Pada Kuning Telur
Menurut Penjelasan Alih Nutrisi, Bercak Darah Pada Kuning Telur Tidak Membahayakan
 Berita Unik Terpopuler - Terkadang ketika kita sedang memecahkan telur, pasti pernah sekali melihat ada seperti bercak darah di kuning telur. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah itu berbahaya. Bagaimana faktanya?

"Darah atau cairan berwarna putih pada pinggir kuning telur umumnya tidak berbahaya. Darah pada bagian ini bukan seperti yang selama ini dipikirkan yaitu indikasi telur dibuahi," jelas Jansen Ongko, MSc, RD dalam perbincangan dengan detikNutrisi. AGEN POKER

Jansen menambahkan bercak seperti darah ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di permukaan kuning ketika telur sedang dibentuk. Pecahnya pembuluh darah ini juga bisa menyebabkan bintik-bintik pada kulit telur yang sering kita lihat.

Dengan demikian bintik di kulit telur maupun penampakan seperti bercak darah pada kuning telur tidak berbahaya. Namun jika Anda terganggu dengan hal itu,Anda dapat membuang bagian seperti bercak darah itu.

Agar telur aman untuk dikonsumsi, Jansen menyarankan untuk membeli telur yang disimpan di lemari pendingin (kulkas) atau yang bersuhu rendah. Sesudah di beli, telur bisa disimpan di lemari es dengan suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah.

"Buang telur yang sudah retak dan bersihkan kulit telur yang kotor dengan kain lap basah," ujar Jansen memberikan saran selanjutnya. ADUQ
Ketika memasak telur, upayakan sampai bagian kuning dan putihnya matang dengan sempurna. Selain itu menurutnya, telur harus dimasak dengan suhu 60 derajat Celcius atau lebih.

Komentar