Cara Mengatasi Sisa Makanan Yang Terselip di Gigi Tanpa Tusuk Gigi

Buang Kebiasaan Anda Menggunakan Tusuk Gigi Agar Tak Melukai Gusi Anda
Berita Unik Terpopuler - Selesai makan, banyak orang mempunyai kebiasaan menggunakan tusuk gigi untuk mengambil sisa makanan yang tersangkut di sela-sela giginya. Padahal sebenarnya permasalahan tersebut dapat diselesaikan tanpa bantuan tusuk gigi.

Dengan adanya kegiatan mengunyah, sudah menjadi hal yang wajar bila makanan tersangkut di sela-sela gigi. Sementara penggunaan tusuk gigi berisiko karena dapat menusuk gusi yang akhirnya meninggalkan luka. Namun tusuk gigi bukan lah satu-satunya cara untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi. Berikut enam cara untuk melepaskan sisa makanan tanpa tusuk gigi.


1. Makan makanan renyah (Crunchy)
Buah-buahan dan sayur-sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan. Ternyata, buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup keras atau disebut dengan crunchy dapat berfungsi sebagai scrub yang mampu mengangkat dan membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi. BANDARQ

2. Minum air
Air dapat membilas mulut dan gigi. Anda pun bisa berkumur-kumur saat sebelum menelan air. Jika tidak ingin menelannya, Anda juga bisa membuangnya.

3. Floss (Benang gigi)
Benang gigi adalah cara paling efisien untuk membersihkan sisa-sisa makanan di gigi tanpa tusuk gigi. Cara merupakan cara paling higienis dan juga sering disarankan oleh para dokter gigi.

4. Garpu
Cara ini mungkin cukup terdengar berbahaya. Namun, setidaknya garpu tidak terlalu tajam seperti tusuk gigi, ukurannya pun lebih besar dan ujungnya juda sedikit tumpul. Sehingga bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

5. Kertas
Lipat kertas sampai  dan digunakan untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi.

6. Kuku
Pilihan yang sebenarnya kurang begitu higienis. Namun setidaknya Anda bisa mencuci tangan terlebih dulu sebelum melakukannya. ADUQ

Komentar