Remaja 13 Tahun, Jadi Hacker Untuk Mengamankan Internet

Ahsan Tahir Hacker Pakistan Berusia 13 Tahun
Hacker Pakistan Ingin Membuat Internet Lebih Amanq
Berita Unik Terpopuler - Hacker mungkin sering kali diidentikan dengan orang dewasa, tapi nyatanya seorang remaja asal Pakistan bernama Ahsan Tahir berhasil dikenal berkat kemampuannya di bidang operasi komputer.
Tahir yang baru berumur 13 tahun ini dikenal karena keahliannya meretas sistem keamanan perusahaan.

Namun berbeda dari hacker kebanyakan, Tahir memanfaatkan kemampuannya demi kebaikan dan untuk mengikuti program bug bounty hunter dari sejumlah perusahaan. AGEN DOMINO

Untuk informasi, program pemburu bug semacam ini biasanya digunakan sejumlah perusahaan teknologi untuk mencari celah keamanan di situsnya dan memberi hadiah bagi yang berhasil menemukannya.

Uniknya, Tahir mempelajari kemampuan tersebut secara perlahan mulai dari menonton video di YouTube, membaca blog, dan bereksprimen sendiri. Latar belakang orangtuanya pun bukan seseorang yang akrab dengan teknologi. 

kemampuannya kini sudah diakui oleh sejumlah perusahaan teknologi ternama seperti Google dan Microsoft. Ia disebut-sebut sebagai bintang baru di bidang keamanan cyber. 

Bahkan, ia sudah berpenghasilan dengan nilai yang terbilang cukup luar biasa dari kemampuannya tersebut. Sebagai gambaran, hadiah yang berhasil didapat seorang bug bounty hunter sekitar US$ 50-US$ 350 atau sekitar Rp 655 ribu-Rp 4,5 juta. 

Namun, keputusan Tahir mendalami bidang keamanan cyber tak semata-mata soal uang. Dengan kemampuannya, ia ingin membuat internet menjadi tempat yang aman sekaligus berbagi ilmu dengan orang lain.

"Semakin banyak hacker seperti ku, semakin banyak bug yang ditemukan, dan semakin aman sebuah perusahaan. Sesederhana itu," tuturnya. Karenanya, ia berharap dapat melanjutkan bidangnya dalam program semacam ini, sekaligus bekerja sebagai software engineer di masa depan.

"Aku bangga membuat internet lebih aman, Sebab, tahap selanjutnya kemungkinan akan terjadi perang cyber," tambahnya menjelaskan. ADUQ

Komentar